Olahraga panahan dan fungsinya



Olahraga panahan

Olahraga panahan sudah mulai banyak digemari dari berbagai kalangan ini ternyata banyak sekali fungsi atau manfaatnya.Selain sunah ,olahraga panahan ini berfungsi untuk kelenturan otot tangan dan melatih fokus.Fungsi lainnya ialah menahan emosi,ketika olahraga lain mengharuskan bergerak cepat namun olahraga panahan ini justru sebaliknya. Fokus,tidak terburu-buru dan tetap tenang adalah kunci utama agar sasaran terbidik dengan tepat. Jika seseorang ingin menstabilkan emosinya atau mengembalikan kefokusannya ,maka tidak salah jika mulai belajar olahraga ini,selain banyak manfaatnya kita juga bisa menambah teman.Sosialisasi yang kita bina pun akan bertambah seiring waktu karena pada saat kita berlatih tanpa sadar di samping kita pun banyak orang yang sedang berlatih pula,selain itu ketika kita melakukannya di luar ruangan atau outdoor secara tidak langsung matahari menyoroti tubuh kita dan memberikan vitamin D untuk tulang kita.
Gambar anak panah,Ukuran panjang anak panah,Anak panah png,Ujung anak panah,Anak panah bambu petung,Anak panah bambu murah,Cara membuat anak panah dari bambu,Harga panahan

Memulai olahraga panahan

Adalah cara terbaik untuk anda yang ingin melatih emosi atau mengembalikan rasa fokus yang sempat hilang.Tak hanya anda , buah hati anda pun bisa diajak melakukan olahraga memanah  yang sunah ini. Pada zaman modern ini banyak sekali anak-anak yang sudah mulai menggunakan gadget dan jarang sekali melakukan aktifitas di luar ruangan hingga tidak terpapar cahaya matahari.Sangat disayangkan karena terkena paparan sinar matahari pada pagi hari sangat bagus untuk kesehatan anak-anak, anda sebagai orang tua harus lebih detail memperhatikan aktifitas apa yang sedang anak anda lakukan saat ini. Karena pada faktanya olahraga panahan juga sangat banyak  manfaatnya untuk anak-anak,menurut Archery Trade Association olahraga panahan lebih baik daripada sepak bola ,tenis dan basket. Salah satu contoh manfaat olahraga panahan untuk anak anda adalah menumbuhkan percaya diri karena memberikan stimulasi visual pada mereka yang akan membuat anak anda bisa melihat kemajuan dan perkembangan kemampuan yang dimilikinya.Anda bisa lihat saja di website-website resmi yang ada di halaman google, di sana banyak sekali manfaat olahraga panahan dan cara yang tepat melakukan olahraga panahan itu seperti apa. Di dalam olahraga panahan tentunya anda membutuhkan busur dan anak panah serta aksesoris lainnya untuk digunakan ,bisa lihat www.alvosporta.com untuk melihat busur panah. Berbagai jenis busur panah yang bisa digunakan untuk para pemula misalnya ,busur standar bow yang mempunyai berat tarikan yang ringan.Dan jika anda para pria yang menyukai olahraga berkuda bisa menggunakan busur horsebow yang super kuat dan elegant, tersedia juga busur panah untuk anak-anak yang aman dan tidak akan membuat anak anda terluka.

Bahan untuk panahan

 Atau bahan yang biasa digunakan untuk busur panah adalah kayu dan alumunium. Sejauh ini busur tertua diketahaui datang dari rawa Holmegard di Denmark. Sekitar 10.000-9.000 SM. Panah dibuat dari kayu pinus dan terdiri dari poros utama dan sebuah poros depan sepanjang 15-20 sentimeter atau 6-8 inci dengan sebuah titik batu. Pada zaman dahulu orang menggunakan pelempar tombak dari pada busur karena dahulu tidak ditemukan busur ,hanya ditemukan poros bertitik. Meskipun pelempar tombak bertahan di samping busur di benua Amerika (Meksiko).Tetapi yang kita tahu busur tertua datang dari Yunani Kuno 2800 Sm. Pada saat ini panahan digunakan untuk istilah bela diri. Di Asia Timur (goguryo) ,satu dari tiga kerajaan korea terkenal dengan resimennya sangat berbakat dalam memanah.
      Di dalam olahraga panahan ada istilah grip,dimana grip adalah cara memegang busur .Nah bagaimana cara memegang busur yang baik dan benar ,pertama aturlah tangan kiri anda untuk memegang grip (titik pegang) pada busur (riser atau handle) sehingga grip terletak antara jempol dan keempat jari.Kedua,seluruh jari jemari dalam keadaan santai,tidak menggengggam grip dengan kuat. Ketiga,posisi tangan hanya mendorong grip ,yaitu menggunakan telapak tangan kiri di bawah jempol .Dan keempat,jari lainnya menutup namun tetap dalam kondidi  santai. Anda bisa mencoba mempraktekkannya dirumah sebelum memulai latihan memanah di lapangan. Karena cara memegang busur bukan digengggam seperti menggenggam benda lainnya,namun cara memegang busur panah adalah dengan cara di dorong posisi tangan dihadapkan ke depan. Sehingga akan mempermudah anda membidik sasaran dengan tepat dan jika tekniknya salah maka tembakan anda akan sedikit melenceng dari target sasaran.,bahkan cara berdirinya pun dalam olahraga ini sangat diatur.Dimana yang menghadap ke arah target hanya kepala saja ,badan tetap mengarah ke samping dengan kaki yang dibuka selebar bahu.Usahakan yang menoleh hanya kepala saja sobat archer,Karena jika hal ini tidak diperhatikan maka akan mempengaruhi penilaian dalam perlombaan. Walaupun bidikannya tepat namun tekniknya salah ,tetap saja akan mengurangi point yang anda dapatkan, untuk itu perhatikan tata cara olahraga panahan sebelum anda memulainya.
      Olahrga ini juga harus memperhatikan keselamatan diri atau busur yang anda gunakan jangan sampai patah dan kotor terkena lumpur pada saat di lapangan.Dimana olahraga panahan juga harus dibantu dengan pengaman tangan anda misalnya,ketika anda setiap minggu berlatih panahan tanpa aksesoris yang melindungi tangan,maka lama-kelamaan tangan anda bisa terluka.Coba perhatikan hal sepele yang mungkin bisa terjadi dikemudian hari jika anda tidak berhati-hati,menggunakan aksesoris ketika berlatih maka anda akan merasa nyaman melakukannya setiap minggu atau bahkan setiap hari berlatih. Karena dengan adanya perlengkapan yang lengkap ,anda akan merasa aman tidak perlu terganggu dengan fikiran akan takut cedera atau busur panah anda rusak.



       

           



Comments

Popular posts from this blog

Manfaat dan pahala dalam memanah

Pengertian busur

Harga panahan standar nasional atlet