Manfaat dan pahala dalam memanah


Manfaat dan pahala

Ketika sepekan kita sibuk bekerja ,alangkah lebih baiknya ketika dihari libur diisi dengan olahraga yang banyak manfaat dan pahalanya. Olahraga panahan adalah olahraga sunah yang banyak manfaat bahkan ada pahalanya.Sebagai mana sabda Rasulullah SAW :
Sesungguhnya Allah SWT akan memasukkan tiga orang ke dalam ajnnah karena satu anak panah,orang yang membuatnya dengan tujuan bak,orang yang melemparkannya dan orang yang menyiapkannya.Hendaklah kalian memanah dan berkuda,sedangkan memanah lebih aku sukai daripada berkuda.”(HR Tarmidzi beliau mengatakan hadits Hasan Shahih).
Manfaat olahraga panahan diantaranya bisa meningkatkan rasa fokus,menstabilkan emosi,menigkatkan kepercayaan diri,meningkatkan koordinasi tangan dan mata,melatih kesabaran,meningkatkan fleksibiltas tangan dan jari,membangun kekuatan tubuh,merelaksasi tubuh dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang dapat anda rasakan setelah berolahraga panahan.
Ukuran panjang busur tanah,Busur olimpiade,Harga busur panah modern,Anak panah,Jual anak panah,Jual anak panah murah,anak panah fiber,Nama lain anak panah

Sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah 

Ketika tadi kita membahas pahala dalam  memanah ada hadits lain menurut perdaban islam,sebagai mana sabda Rasulullah SAW “Ajarilah anak-anak kalian berkuda,berenang dan memanah”(HR Bukhari dan Muslim).
“Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim).
Memanah adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasullullah SAW.Dari hadits tersebut terlihat jelas bahwa memanah memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban muslim.Pada masa Rasulullah SAW dan khulafaura rasyidin ,panah dan memanah menjadi saran penting untuk berperang. Bagi para muslimin yang membnagun keahlian dalam memanah sangat memberikan sumbangsih besar dalam memetik kemenangan di berbagai medan perang.
Sejarah menyatakan ,Allah SWT mengutus Malaikat Jibril untuk memberikan busur dan dua anak panah kepada Nabi Adam As.Busur dan anak panah itu kemudian digunakan untuk membunuh seekor burung yang mencuri tananam milik Adam.(Republika).Tak hanya Nabi Adam As,Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang andal dalam hal memanah,dikatakan bahwa di Istana Topkapi,Istanbul-Turki tersimpan 3(tiga) buah anka panah yang diyakini milik Nabi Muhammada SAW. Nah sobat ,selain banyak manfaatnya memanah ternyata ada pahalanya juga selain kaitannya erat dengan peradaban islam untuk kesehatan pun sangat baik.
Selain melekat dengan peradaban islam,olahraga panahan pun harus dibarengi dengan adab, dimana adab dalam memanah ini harus dilakukan agar pemanah benar-benar melaksanakan olahraga ini dengan baik dan benar,dimana adab yang harus dilakukan adalah :
1.Jika anda seorang pemula ,sebaiknya mempersiapkan diri untuk banyak belajar.
2.Bersikap rendah hati,mendengarkan masukkan pemanah senior dan membiasakan diri untuk mematuhi segala sesuatu yang mendatangkan Ridha Allah SWT.
3.Bersungguh-sungguh untukmelatih dasar-dasar panahan sampai mengusainya.
3.Berlatih terus dan berkeinginan kuat untuk menguasai cara menarik busur dengan benar sehingga tidak menyalahi kaidah dasar dalam olahraga panahan.
4.Memperhatikan dan mempelajari segala sesuatu seperti dasar ilmu panhan dari seorang guru,ustadz dan kitab-kitab panahan.
5.Menanamkan tekad yang kuat untuk menguasai busur miliknya dengan tarikan yang sempurna dan menguasai setiap akurasi jarak tembak maksimal busurnya.
6.Belajar untuk sabar,tekun,gigih dan bijaksana dalam sesi latihan.
7.Menjadwalkan diri dengan teratur sesin latihan.
8.Tidak mengikuti ahli panahan tanpa berguru dan belajar langsung dengan ahlinya agar tidak menyalahi kaidah dasar.
9.Jika kemampuan pemanah mengungguli pemanah lainnya,tanamnka selalu sikap santun,banyak diam dan memuji Allah SWT.
10.Jika mengalami kesalahan dalam memanah jangan mencela diri,busur dan anak apanh ataupun guru.Melainkan mencari apa yang menyebabkan kesalahan itu terjadi dan jadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas diri.

Bagaimana hukum memanah bagi wanita?

Memanah memang tidak hanya digandrungi oleh pria saja namun wanita pun sudah mulai mengikuti olahraga ini. Nah bagaimana hukumnya? Sebagaiman sabda Rasulullah SAW ,”Segala sesuatu yang tidak mengandung dzikrullah padanya maka itu adalah kesia-siaan dan main-main kecuali empat perkara yaitu : senda gurau suami dan istrinya,melatih kuda,berlatih memanah dan mengajarkan renang.”
Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda,”Tidaklah aku tinggalkan sepeninggalku fitnah(cobaan)yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki yaitu (fitnah) wanita.”
Dengan kata lain memanah bagi wanita boleh saja,asalkan tetap dalam batasan tertentu karena wanita adalah fitnah yang harus tetap menjaga kehormatannya walaupun sedang melakukan olahraga sekalipu.Karena memanah adalah cara bertarung yang dilakukan Rasulullah SAW ketika berjihad di jalan Allah SWT untuk melawan orang-orang kafir. Maka ia berkata,”Hendaknya kalian latihan karena itu permainan yang paling bagus untuk kalian.”
Selain bermanfaat olahraga panahan sangat baik dan merupakan sunah Nabi Muhammad SAW yang Alhamdulillah pada saat ini semakin popular dan banyak disukai dari berbagai kalangan.
Sobat, selain bermanfaat bagi para orang tua olahraga ini juga sangat bermanfaat bagi buah hati anda.Jika buah hati anda sudah mulai menyukai olahraga ini maka tidak ada salahnya anda memberikan peralatan panahan untuk buah hati anda.Bisa kunjungi www.alvosporta.com untuk melihat”alat panahan lengkap”.
Manfaat oalahraga panahan untuk anak-anak diantaranya :
1.Menumbuhkan percaya diri
Olahraga panahan memberikan stimulasi visual pada buah hati anda ,membuat mereka bisa melihat kemajuan dan perkembangan kemampuan yang dimiliki.
2.Menajamkan tingkat social
Meskipun olahraga panahan dilakukan hanya sendirian saja,namun terkadang ada banyak orang yang mengikutinya dan secara tidak langsung kita bersebelahan dengan orang lain .
3.Meningkat kesehatan fisik
4.Terbiasa disiplin  ,dalam berlatih panahan terdiri dari beberapa gerakan yang dipelajari dari kedisiplinan.Panahan menuntut sikap tegap ,lalu menarik dan melepaskan busur. Pemanah akan belajar bahwa melakukan tembakan perlu kontrol dan konsistensi. Tidak hanya sekedar olahraga ,busur dan anak panah mengajarkan anak anda bahwa disiplin pada hal kecil akan sukses pada masa depannya.
5. Meningkatkan fokus ,olahraga panahan membutuhkan fokus mental. Dengan memanah,anak belajar untuk menghalau distrik agar sasaran tepat.
6.Melatih kesabaran
Bagi pemanah ,terburu-buru bukanlah teman .Karena olahraga panahan memaksa atlet untuk mengikuti alur, saat dunia bergerak cepat olahraga panahan justru sebaliknya. Tidak sabaran bisa menyebabkan anda salah sasaran .










Comments

Popular posts from this blog

Pengertian busur

Harga panahan standar nasional atlet