Pengertian busur


Apa itu busur panah ?

Beralih ke halaman www.alvosporta.com  untuk melihat “busur”

Busur dan panah atau busur panah termasuk kategori senjata yang digunakan untuk menembak anak panah dibantu dengan kekuatan elastisitas dari panah itu sendiri. Senjata ini biasanya digunakan untuk berburu dan pada zaman dahulu digunakan untuk berperang. Busur panah juga digunakan untuk olahraga panahan .

Desain dari panah biasanya bermacam-macam dan dipengaruhi oleh kebudayaan dari masa lalu.Desain panah yang umum digunakan pada masa lampau biasanya menggunakan kayu ,namun pada masa sekarang biasanya bahan panah adalah karbon,plastik,sintetik atau bahan campuran lainnya.

Secara umum busur terdiri dari limb yang melengkung dengan tali busur yang terikat pada kedua ujungnya. Saat tali busur ditarik ke belakang ,limb akan melengkung lebih ke dalam ,ada pula busur modern yang mempunyai riser dan berfungsi sebagai  pegangan untuk tempat bersandar limb atau bagian lainnya seperti stabilizer dan visir. Panjang ketebalan dan bentuk jenis material penyusun limb mempengaruhi energy potensial maksimum yang dapat  disimpan atau dinyatakan sebagai draw weight yang diukur dalam pound/kilogram.
Busur yang sering digunakan pada saat ini adalah recurve bow ,recurve bow sendiri adalah perkembangan termutakhir dari busur. Desainnya memiliki tiga bagian utama  yaitu riser (pegangan dan tempat aksesoris lain dipasang) dan sepasang limb merupakan sumber energy pegas busur. Ciri khas busur recurve adalah bagian ujungnya melengkung ke depan (menjauhi pemanah) saat tidak titarik atau dilepas talinya. Sebagai kompensasinya bahan penyusun limb.

Bagian dalam recurve bow adalah riser ,grip, arrow rest ,sight window,stabilizer,sight,limb,string groove,limb tip,string,center serving,nock point.

-Riser adalah pegangan dan tempat ditempelkannya limb atau aksesoris lainnya.
-Grip adalah bagian tempat memegang busur
-Arrow rest adalah tempat meletakan anak panah biasanya terbuat dari plastik dan bulu
-Sight window adalah bantuan visual untuk membidik
-Stabilizer berfungsi mengatur keseimbangan busur sesuai keinginan pemanah dan menahan getaran saat menembak
-Sight adalah visir ,untuk memperoleh bidikan yang akurat
-Limb menyimpan energy pegas busur ,limb bisa dibongkar pasang seperti busur taken down namun tidak semua limb bisa dibongkar pasang.
-String adalah tari busur berfungsi untuk mentransfer energy dari tangan pemanah ke limb atau dari limb ke anak panah. Biasanya menggunakan bahan sintetis seperti Kevlar atau bahan lainnya seperti nilon dan PE .

ukuran busur panah dewasa,ukuran busur panah pvc,ukuran riser panah,ukuran limb panah,ukuran anak panah,ukuran lbs busur panah,ukuran string busur,berat tarikan busur panah



Comments

Popular posts from this blog

Manfaat dan pahala dalam memanah

Harga panahan standar nasional atlet