Harga panahan standar nasional atlet



Panahan standar nasional atlet

Olahraga panahan saat ini memang sangat banyak digandrungi oleh semua orang dari berbagai kalangan dan sudah banyak pula orang-orang yang mulai mengetahui apa itu busur panah. Iya busur dan anak panah adalah alat yang wajib ada dalam olahraga panahan,karena itu adalah alat yang utama. Pertanyaannya berapa harga panahan standar nasional atlet? Ya memang ,jika anda sudah mencoba bagaimana rasanya busur lokal dan busur yang digunakan oleh atlet pasti ada perbedaannya.Busur panah atlet memang mahal namun kualitasnya juga terjamin dan tidak akan membohongi.Harga panahan standar nasional atlet memang bisa mencapai ratusan juta rupiah,mungkin anda juga sudah mengetahui jika seorang atlet memang wajib menggunakan busur panah yang berkualitas bagus. Karena jika sudah menjadi atlet berarti bukan lagi dalam fase pelatihan, namun ada pula harga panahan standar atlet yang murah dan terjangkau bisa menjacapai 1.8 juta atau hanya 2 jutaan saja.
Harga panah untuk anak-anak,Ukuran busur panah dewasa,Jenis busur panah derajat,Cara mengukur busur panah,Busur panah longbow,Busur panah flatbow,Busur panah short bow

Aksesoris panahan

Tak hanya harga panahan atlet yang kita bahas,di dalam olahraga panahan ada yang dinamakan aksesoris panahan.Dimana aksesoris ini akan menemani olahraga panahan anda agar lebih aman dan nyaman,anda akan nyaman jika sebelumnya lebih dulu mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan saat berlatih olahraga panahan. Karena di dalam olahraga panahan  juga memerlukan keselamatan yang benar-benar harus terjamin. Contoh hal kecil saja,anda tidak memakai chest guard bisa saja hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya dada anda terkena jempretan string yang akan menyebabkan cedera pastikan safety saat akan melakukan olahraga panahan.

Peralatan panahan dan fungsinya

Nah bagi anda yang sudah mulai berlatih panahan namun belum mengetahui peralatan panahan dan fungsinya,akan saya coba ulas sedikit tentang peralatan panahan dan funhgsinya.Dimana dalam panahan memang sering kita ketahui ada yang namanya busur,fungsi busur panah sendiri yaitu untuk melesatkan anak panah dan anak panah berfungsi untuk membidik papan target ,pasti sobat semua sudah mengetahui hal itu.Namun adakah peralatan lainnya yang belum anda ketahui? Baik akan saya bahas satu persatu, bagi para pemula berlatih panahan pasti sangat menegangkan ,namun biasakan berkonsentrasi dan tetap fokus,paling utama usakan tangan anda jangan bergetar. Bagi para pemula busur yang cocok adalah busur recurve bow atau termasuk jenis standar bow,karena bisa dibongkar pasang jika ada yang rusak bisa anda ganti .
Beberapa perangkat yang terdapat dalam recurve bow:
1.Riser, adalah pegangan utama pada busur tempat diletakkan limb dan aksesoris lainnya
2. Grip ,bagian tempat yang digunakan untuk memegang busur
3. Sight ,peralatan vision yang digunakan untuk memperoleh bidikan yang lebih akurat
4.Stabilizer ,alat yang digunakan sebagai pengatur keseimbangan busur dan juga memanah
5.Arrow rest, tempat meletakkan anak panah pada bagian depan ,biasanya terbuat dari plastik atau besi
6.String groove
Sebuah tempat dimana lekukan tali busur (string) dikaitkan
7.Sight Window
Aksesoris tambahan alat yang digunakan sebagai alat bantu visual untuk membidik target..
8.Limb tip string,fungsinya sebagai alat yang mentransfer energy dari tangan sang pemanah ke limb atau dari limb ke pemanah. Bahannya terbuat dari material sintetis dan thermo plastic.
9.Center serving Nock point
Tempat di bagian tali busur ,lokasi anak panah diletakkan,biasanya menggunakan besi yang sudah di desain khusus atau bisa juga dengan lilitan benang.
10.Limb,fungsinya adalah menyimpan energy pegas pada sebuah busur.Pada busur saat ini Limb bisa dengan mudah dibongkar pasang,baik itu untuk disimpan ataupun ditukar.

Banyak yang bertanya ,mengapa harga panahan tradisonal dan modern sangat berbeda? Pastinya berbeda sobat karena mulai dari bahan dan pembuatannya saja sudah berbeda.Pada zaman dahulu mungkin busur panah dibuat dengan bahan seadanya namun pada saat ini banyak perubahan yang menjadi perbedaan antara tradisional dan modern.Ada tiga bahan untuk membuat busur yaitu, bambu,kayu dan fiberglass.Nah bahan yang digunakan pada zaman dahulu adalah bambu ,namun pada saat ini sebagian masih ada yang menggunakannya. Kemudian bambu apa yang bagus untuk pembuatan busur panah? Bambu yang bisa kita gunakan untuk membuat busur panah adalah,bambu petung. Kalau di Sunda (awi),Jawa (pring petung),Bugis (awo petung) dan Papua (bambu swanggi). Bambu petung/dendrocalamus asper adalah salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran lingkar batang yang cukup besar dan termasuk ke dalam suku rumput-rumputan.Bambu petung sendiri adalah tumbuhan yang ditutupu oleh lapisan berwarna cokla ketika masih muda dna bertekstur seperti kain beludru.Tinggi bambu petung dapat mencapai 10 kaki sedangkan lingkar batangnya dapat mencapai 8 inci.Bambu petung terdiri dari ruas-ruas ,panjang setiap ruas bamboo antara 20 hingga 45 cm,serta berwarna hijau pucat dan tertutup rambut coklat pndek.bmabu petung berbentuk tombak dengan panjang sekitar 15 cm hingga 30 cm dan lebarnya antara 10mm hingga 25 mm (Wikipedia).
Jika harga panah atlet lebih mahal ,maka untuk kantong yang pas-pasan bisa membuat busur panah dari bambu petung saja hehe.Namun saat ini sudah banyak pabrik panahan di Indonesia yang membuat busur panah dengan harga terjangkau namun kualitas memukau dijamin tidak akan membuat kantong anda menjerit. Tidak perlu mencari busur panah import sobat,karena produk dari dalam negeri pun sudah berstandar Nasional.Dibuat dengan tangan terampil yang tentunya tidak akan mengecewakan dan sampai dengan selamat ke tangan anda, penasaran produk lokal dengan kualitas bagus seperti apa? Bahkan anda sempat mendengar busur yang tidak rusak ketika di lindas motor cross seperti apa?  Bisa kunjungi www.alvosporta.com untuk melihat busur panahan bagus.




Comments

Popular posts from this blog

Pengertian busur

Manfaat dan pahala dalam memanah