Belajar dan manfaat panahan untuk anak



Manfaat panahan untuk anak

Alhamdulillah pada saat ini panahan sudah menjadi cabang olahraga yang mulai digemari oleh berbagai kalang,bahkan anak-anak pun sudah mulai belajar panahan. Nah bagi anda para orang tua harus mengetahui apa sih manfaat panahan untuk anak? Memulai belajar dan mengetahui manfaat panahan harus kita ketahui sebelum melakukan olahraga tersebut. Apa sih manfaatnya untuk anak? 
Harga busur panah fiber,Busur panah turki,Cara membuat busur panah turki,Busur panah terbaik di dunia,Busur panah anak,Busur panah rambo,Busur panah untuk pemula,Busur panah tauhid

Saya akan menjelaskannya:
1.Terbiasa disiplin  ,dalam berlatih panahan terdiri dari beberapa gerakan yang dipelajari dari kedisiplinan.Panahan menuntut sikap tegap ,lalu menarik dan melepaskan busur. Pemanah akan belajar bahwa melakukan tembakan perlu kontrol dan konsistensi. Tidak hanya sekedar olahraga ,busur dan anak panah mengajarkan anak anda bahwa disiplin pada hal kecil akan sukses pada masa depannya.
2. Meningkatkan fokus ,olahraga panahan membutuhkan fokus mental. Dengan memanah ,anak belajar untuk menghalau distrik agar sasaran tepat.
3.Melatih kesabaran
Bagi pemanah ,terburu-buru bukanlah teman .Karena olahraga panahan memaksa atlet untuk mengikuti alur, saat dunia bergerak cepat olahraga panahan justru sebaliknya. Tidak sabaran bisa menyebabkan anda salah sasaran .
4.Menumbuhkan percaya diri
Olahraga panahan memberikan stimulasi visual pada buah hati anda ,membuat mereka bisa melihat kemajuan dan perkembangan kemampuan yang dimiliki.
5.Menajamkan tingkat social
Meskipun olahraga panahan dilakukan hanya sendirian saja,namun terkadang ada banyak orang yang mengikutinya dan secara tidak langsung kita bersebelahan dengan orang lain .
6.Meningkat kesehatan fisik
Karena aktifitas dilakukan di luar ruangan ,matahari akan memberikan vitamin D pada tubuh kita. Vitamin D berfungsi untuk kesehatan tulang.
7.Membentuk habbit yang positif
Dengan berlatih panahan,di zaman modern ini bisa sedikit menjauhkan anak dari gadget yang sedang marak digunakan .

Tujuan dari memanah

Selain manfaat memanah bagi anak,apa sih tujuan dari memanah? Tujuan dari memanah tergantung dari pemanah itu sendiri,entah itu ingin meningkatkan konsentrasi,menstabilkan emosi atau menambah daya fokus atau bisa juga melatih otot tangan dan lain-lain.Selain disunahkan olahraga panahan memang banyak manfaatnya.Karena olahraga ini memang mengajarkan relaksasi jadi pemanah tidak harus terburu-buru melakukannya, manfaat apa saja selain penuturan di atas? Manfaat lainnya adalah:
1.Membangun kesabaran
Ketika pemanah terburu-buru melemparkan anak panah maka ia akan gagal menembak titik lingkaran di pusat papan sasaran, biasakan menarik nafas perlahan,mengendurkan ketegangan,rileks lalu lemparkan anak panah.Jangan terburu-buru melepaskan tangan karena akan mempengaruhi arah target anda.
 2.Meningkatkan Fokus
Bagi seorang pemanah ,berkonsentrasi menatap papan target adalah hal yang harus ia lakukan.Fokus terhadap lingkaran merah yang mempunyai nilai paling tinggi dan merupakan pencapaian yang terbaik bagi seorang pemanah.
3.Meningkatkan nilai sosial
Ketika kita berlatih panahan,tidak hanya kita yang beridiri membidik papan target .namun di samping kita juga ada orang lain yang sedang melakukan kegiatan yang sama,maka dari itu secara tidak langsung kita akan berkomunikasi dengan mereka.
4.Mensingkronkan mata dan tangan
Olahraga panahan juga sangat baik untuk jasmani kita,mulai dari melatih otot tangan dan mata kita.Dimana mata akan dilatih untuk melihat jarak jauh fokus dan konsentrasi melihat satu titik pusat dipapan target,mata akan semakin tajam. Untuk otot tangan ,membiasakan menarik busur maka otot tangan akan terbentuk dan kuat.
5.Menambah keberanian
Memanah harus mempunyai keberanian yang tinggi,keberanian untuk mencoba .Mencoba menembak sasaran meskipun tidak tahu akan pas atau tidak,jika pemanah tidak mempunyai keberanian dia tidak akan mengetahui apakah dirinya memiliki kemampuan dalam hal memanah atau tidak.
6.Menambah kecerdasan
Karena panahan memfokuskan diri kita ,secara otomatis kita akan berfikir .Berfikir apakah akan tepat pada sasaran atau tidak. Dengan membiasakan berlatih panahan ,maka otak anda akan terbiasa berfikir dan menambah kecerdasan pada otak.
7.Melatih emosi
Ketika olahraga lain dituntut untuk cepat ,namun panahan justru sebaliknya. Memanah menuntut kita untuk berkonsentrasi dan sabar.Sebab jika terburu-buru maka seorang pemanah tidak akan tepat menembak sasaran.
8.Meningkatkan rasa percaya diri
Secara tidak langsung pemanah akan percaya diri ketika berada di lapangan ,karena pada saat memanah kita tidak tahu akan tepat sasaran atau tidak .Namun seorang pemanah haruslah percaya diri agar ia bisa menembak papan target dengan tepat.

Usia panahan untuk anak

Mungkin ada yang bertanya berapa usia panahan untuk anak ? usia panahan untuk anak bisa dimulai dari balita atau 3(tiga) tahun.Karena busur panah anak biasanya  dilengkapi dengan arrow tag yang dilapisi spons eva. Jadi aman jika anak anda memainkannya,pada zaman sekarang gadget sangat mempengaruhi anak-anak.Namun dengan adanya panahan,anak anda bisa sedikit terbiasa menjauhkan dirinya dari gadget.Bahkan saat ini sudah banyak tempat yang membuka latihan panahan dan sudah banyak peminatnya,selain dari terbiasa jauh dari gadget anak anda mungkin nantinya akan menjadi atlet nasional yang mengaharumkan nama bangsa. Jadi bunda dan ayah,siapkan anak anda untuk membangun masa depan yang berkah dan cerah.Dengan berlatih panahan selain menjalankan sunah Nabi Muhammad SAW ,anak anak juga sudah berinvestasi untuk masa depannya kelak.Sebagai orang tua anda pasti ingin yang terbaik untuk anak anda,maka dari itu memilih dan mengontrol permainan yang tepat sangatlah diperlukan. Selain untuk kesehatan jasmaninya ,anak anda juga akan terbantu tingkat kefokusannya ketika di sekolah mendengarkan guru mengajar. Bahkan tingkat emosionalnya pun  akan terlatih sedikit demi sedikit karena seringnya melakukan olahraga panahan.
Busur apa yang cocok untuk anak ? Bisa kunjungi www.alvosporta.com untuk melihat “busur panah”. Busur panah untuk anak memang dibedakan dengan orang dewasa,dari mulai lbsnya atau berat tarikan dan anak panahnya.Tentunya ukuran busurnya pun lebih kecil dibandingkan dengan orang dewasa,untuk lbs anak-anak biasanya dimulai dari 9-10 atau disesuaikan dengan kekuatan tangan anak anda. Tidak perlu jauh-jauh membelikan busur panahan untuk anak anda sampai ke Negara orang,di Indonesia pun sudah banyak busur yang berkualitas dengan harga terjangkau dan dijamin tidak akan membuat anda rugi.



Comments

Popular posts from this blog

Manfaat dan pahala dalam memanah

Pengertian busur

Harga panahan standar nasional atlet